Angin Puting Beliung

Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin “Leysus”, di daerah Sumatera disebut “Angin Bohorok” dan masih ada sebutan lainnya. Angin jenis ini yang ada di Amerika yaitu “Tornado” mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pacaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar. 

h_11

Ciri-ciri

Ciri-ciri datangya angin puting beliung adalah pada waktu siang hari terlihat adanya awan putih menjulang tinggi seperti bunga kol, kemudian berkembang menjadi awan gelap yang disertai hembusan udara dingin, dan angin mulai menggoyangkan pepohonan ke kiri dan ke kanan, tidak lama kemudian angin semakin cepat dan diikuti hujan lebat dan terkadang disertai hujan es. Terlihat di awan hitam pusaran angin berbentuk seperti kerucut turun menuju tanah (bumi). 

h_2

Proses Terjadinya

h_4

Proses terjadinya angin puting beliung, biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak. 

Antisipasi

  1. Kenali bulan-bulan pancaroba di tempat anda. 
  2. Mengadakan penghijauankarena dengan adanya penghijauan udara tidak terlalau panas sehingga tidak terjadi perbedaan panas yang dapat menimbulkan adanya angin puting beliung.
  3. Apabila terjadi angin puting beliung menghindar dari pepohonan tinggi yang sudah rapuh karena bisa tertimpa pohon, cari tempat yang aman dan kuat atau menghindar jauh. 
  4. Membuat rumah yang permanen dan kuat. 
  5. Membuat tempat perlindungan di bawah tanah apabila tempat tinggal sering terjadi angin puting beliung.
About these ads

8 thoughts on “Angin Puting Beliung

  1. merica bubuk says:

    kak, pernah liat twister gak?? (haha.. sok imut banget gue)..
    Itu, yang ngejar tornado kemana2.. eh, trus kenapa kalo di luar negeri tu adanya tornado, n di sini gada tornado (kecuali gara-gara udah menclok di DUfan. huehehehe)..

    Kak, berati jahat ya yang niruin puting beliung buat gerakan joget.. ckckck.. merusak..

    (merusak jiwa.. hahahaha)

  2. agengsajiwo says:

    huehehheh…kak, kesane kq ketok tuo aq*yo cen tuo kq*huehhehe…

    udah, twister biskuit kan??*kedip2*

    proses terjadinya angin puting beliung dan tornado sebenernya sama. cuma penamaannya dan kecepatan yg d hasilkan beda.dsni g ada tornado mungkin karena perbedaan suhu n iklim kali ya. mungkin suhu ato iklim mempengaruhi kecepatan yg d hasilkan putaran angin.*sumpah, ini hanya analisa saya.tanpa d sertai dasar yg jelas*:P huehheheheh…

  3. merica bubuk says:

    lho iya.. kan merica bubuk menghormati para tetua..
    (njuk ketoke mase dadi tuwo banget. huahaha..).

    ooo.. gitu.. oke baiklah.. makasi..

  4. maulana says:

    kalian ber dua(merica & ageng), pantes jadi penggantinya topan ama lysus loh.. n_n

  5. HADI ISNADI says:

    Kagem mas Ageng Sajiwo

    Mohon maaf mas Sugeng, barangkali kurang tepat jika anda memberikan nama lain dari “Puting Beliung” adalah “Angin Bohorok” (Untuk daerah Sumatera), karena sejauh yang saya ketahui kalau tidak salah bahwa Angin Bohorok adalah nama lain atau sejenis dari “Angin Fohn” (bhs Jerman) utk daerah Sumatera yang berarti angin yang bertiup dibalik gunung yang bersifat panas dan kering akibat dari proses kenaikan temperatur secara adiabatis, mungkin untuk lebih akuratnya anda dapat baca pada artikel tentang “Angin Fohn”

    Hadi Isnadi

  6. ngeri banget aku punya video lho namanya twister and the animals ceritanya binatang ternak yang kena angin puting beliung

  7. diva faustina says:

    makasih ya beritanya. Berguna banget buat tugasku…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: