Kapsul Waktu

Kapsul Waktu????Apa itu Kapsul Waktu??Kapsul Waktu itu apa??Itu Kapsul Waktu apa??Kapsul Waktu apa itu??*PLAK!!*, ini mungkin yang akan temen2 tanyakan ketika membaca judul postingan blog saya kali ini.

*suasana masih seputar KKN ceria*

okeh. kemaren pagi, kira-kira jam 7.00 aku harus pergi ke SMP 1 Moyudan buat bantuin temen subunit ku ngajar Bahasa Indonesia. karena dari SD sampe SMA nile bahasa indonesia ku 100 terus, dan dari SD sampe SMA aku pernah dikirim pertukaran pelajar ke beberapa negara untuk bidang pelajaran Bahasa Indonesia. oleh karena prestasi2 ku itu, aku diminta bantuin temen2 subunit ku buat Instalasi Projector.lho?! g nyambung.Tung!!! Tung!!! *pentung2 ageng pake bangku*. yak silahkan anda2 sekalian boleh mementung saya, karena prestasi2 pada kalimat di atas itu hanyalah khayalan belaka ketika saya muda dulu. hag hag hag hag…*ketawa ala mbah surip mode ON*. tapi bener kq, aku bantuin sebagai pengawas di SMP 1 moyudan itu. jadi klo ada murid2 tanya bisa tanyakan kepada saya.

kira-kira jam 8.00, mendadak dangdut aku disms oleh temen ku, sebut saja namanya Titus *ya memang titus namanya*. yang intinya aku diminta bantuannya untuk setting jaringan disebuah perusahaan yang dimana komputer di perusahaan tersebut dominan menggunakan Mac OS (Macintosh Operating Sistem). eehhmm…ini pengalaman menarik sepertinya.*dalam hati ku*. dan aku pun menerima ajakan itu. dengan niat bisa menolong sesama teman dan bisa dapet sebuah pengalaman baru di sana.

So, aku pamit dulu dengan temen2 yang sedang ngisi pelajaran di SMP itu. lalu aku pun pergi ke markas besar panti buat ambil leptop. kira-kira jam 9.30 aku berangkat menuju perusahaan itu bersama Titus. huuff….sangat DEKET sekali lokasi perusahaan itu sodara2. HANYA di daerah Borobudur.

ada yang lebih DEKET lagi gak ,Tus??mungkin di Magelang ato di Semarang gt. *dalem hati ku*

sampe di sana, eng ing eng…..luar biasa perusahaan ini. ini perusahaan bergerak dibidang Pembuatan Film,Animasi, dll. semua komputer menggunakan Macintosh. emang komputer macintosh ini cocok untuk dunia per-filman,Animasi, dan rekaman.

ternyata permasalahan di perusahaan itu tidak seperti yang saya bayangkan. jaringannya sudah Online semua. Permasalahannya adalah pada sharing data komputer satu dengan komputer laen ada sedikit permasalahan dan proses backup data yang lambat menggunakan Time Capsule. Time Capsule ato yang aku sebut dengan Kapsul Waktu ini merupakan sebuah device produk keluaran Apple yang di Iklannya menawarkan pembackupan data automatis dan cepat dengan media transfer udara (wireless).namun, kenapa Time Kapsul di perusahaan ini proses transfernya lambat?? (ini pertanyaan yang ditanyain pemilik perusahaan ke aku dan titus. kebetulan nih perusahaan yang punya orang bule austria.saya jadi sedikit ada kendala bahasa.hihihih)

MB765(nih gambar Time Capsule)

jjjaaahh…meneketehe, secara aku baru liat yang namanya Kapsul Waktu ini baru sekarang.dengan kesoktauan ku aq jawab aja dengan penerjemah titus kalo permasalahannya tuh ada di wireless routernya. karena perusahaan ini menggunakan 1 wireless router yang di akses oleh beberapa komputer dan 2 Time Capsule termasuk trafik internet melewati tuh wireless router.

bule: apa masalahnya?? *dalam bahasa inggris*

mumpung bule, di bo’onging dikit gpp lah..*dalem hati ku* hihihihi…:P

aku: (sok tau) ini kemungkinan masalah ada di wireless routernya. karena media yang di pake udara, dan yang akses banyak jadi melambat *ngomong ke titus supaya d translatetin*

titus: *ngomong ke bule*

bule: jadi apa keuntungan pake Time Capsule??*pake bahasa inggris*

aku: …..(bengong g ngerti dia ngomong apa)

titus: donk ra??*titus ngartiin*

aku: oooww…*diem*

titus: *ngomong ke bule*

aku: tus, kamu ngomong apa barusan??

titus: bla bla bla *intinya titus improvisasi jawaban ke bule*

aku: ooww…

bule: apa solusinya??*pake bahasa inggris*

titus: apa solusinya*ngartiin ke aku*

aku: ….(mikir)

aku: coba, gmn klo ubah topologynya, tus??memperkecil penggunaan wireless. jadi akses time capsule ke wireless router pake kabel semua. jadi

sebelum: komputer (wireless)->wireless router->time capsule (wireless).

sesudah: komputer (wireless)->wireless router->time capsule (kabel).

titus: betul2…jadi ngurangin trafik di udara ya??

aku: yup…

bule: …..(bengong)

titus: (nggambar topology di kertas) *njelasin ke bule*

aku dan titus pun nyoba ubah topology tadi. dan akhirnya solusi yg kami kasih berhasil. transfer data bertambah cepet.tp menurutku kecepatan transfer datanya biasa aja. g ada kelebihannya di banding kita transfer data menggunakan flashdisk atau HD external.

menurut spesifikasi Time Capsul yang aku baca, keunggulannya ada di kecepatan transfer udaranya. tapi kenyataan kq g ada bedanya dengan transfer biasa ya??jadi apa keunggulannya klo gt??atau aku yang salah setting jaringannya. maklum baru pertama kali megang. mungkin temen2 ada yang pernah instalasi Time Capsule??bisa sharing di blog ini…:D

3 thoughts on “Kapsul Waktu

  1. dekoas? says:

    hoo.. rakkira time capsule kek di Knowing ituh.

    hahaha.

  2. Ageng Sajiwo says:

    ada po d knowing?? perasaan g ada deh.*padahal blm pernah liat knowing*

    hihihihi…

  3. Kapsul Waktu itu digunakan untuk cara mendapatkan monster.

Leave a Reply

